Komunitas Bekasi Foto: Acuan Masyarakat Lokal Seni Fotografi


Dalam rangka mengembangankan kreativitas di kalangan generasi muda dan sekaligus menjadi wadah pemersatu pelaku seni fotografi baik yang berdomisili di Bekasi maupun diwilayah lain namun siap dan sukarela menyumbangkan karya-karya fotonya guna mengeksplorasi berbagai geliat hidup dari sebuah wilayah yang mulai menjadi metropolis ini. Komunitas Bekasi Foto hadir sebagai wadah yang mulai dieksplor di kalangan muda Kota Bekasi. 

"Komunitas Bekasi Foto merupakan para pelaku seni fotografi yang terdiri dari FOTOGRAFER baik yang sudah professional maupun amatir, hingga PECINTA seni FOTOGRAFI yang memiliki berbagai foto terkait Bekasi dari segala aspek pandang, lengkap dengan komitmen saling menghargai satu sama lain, memberi dan menerima kritik sarat muatan membangun yang pada akhirnya akan saling mendukung dalam memajukan Bekasi melalui karya seni fotografi", kata Firman Hanggoro, salah seorang dari Komunitas Bekasi Foto dan juga seorang wartawan.

Menurut Firman, sejauh ini sudah cukup banyak masyarakat yang berniat dan mendaftar sebagai peserta, banyak hal yang membedakan Komunitas Bekasi Foto dengan komunitas fotografi lainnya salah satunya, Bekasi Foto secara menyeluruh mengekplor berbagai hal yang terkait bekasi lengkap dengan kebekasiannya. Bekasi Foto juga konsen membahas berbagai kearifan budaya lokal. Jadi kalo mau bicara soal bekasi melalui fotografi maka bekasi foto adalah tempatnya.

"Sudah banyak yang daftar , sampai dengan saat ini member Bekasi Foto mencapai 571 member dari berbagai kalangan dan daerah asal dari mulai wartawan, akademisi, PNS, anggota Dewan, mahasiswa, siswa sekolah dan masyarakat umum baik itu yang berprofesi sebagai fotografer maupun hanya sebatas pecinta foto", jelasnya.

"Bekasi Foto secara menyeluruh mengekplor berbagai hal yang terkait bekasi lengkap dengan kebekasiannya. Bekasi Foto juga konsen membahas berbagai kearifan budaya lokal. Jadi kalo mau bicara soal bekasi melalui fotografi maka bekasi foto adalah tempatnya," Tambah Firman

Firman berharap kedepan buat Bekasi Foto bisa menjadi acuan masyarakat lokal Bekasi maupun dari luar Bekasi untuk semakin mengenal Bekasi. Bekasi Foto juga sedang mempersiapkan sebuah majalah Foto yang khusus membahas tentang bekasi.(/JurnalBekasi)
Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.