Platform Komunitas Tumbuhkan Kewirausahaan di Indonesia


Ketua Komunitas Memberi Indonesia, Yuswohady mengatakan, platform komunitas dinilai paling tepat untuk menumbuhkan kewirausahaan di Indonesia ketimbang pelaksanaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) itu ditangani langsung oleh Dinas Koperasi dan UMKM.

“Saya melihat pengembangan UMKM belum berjalan efektif. Karena, mereka tidak mengerti persoalannya,” kata Yuswohady usai kegiatan mengunjungi pabrik INACO PT Niramas Utama, di Jalan Raya Bekasi KM 39,5, Tambun Selatan, Rabu (15/1).

Menurutnya, pengembangan UMKM yang didrop oleh pemerintah berupa training-training, dirasakan kurang tepat sasaran. Namun jauh berbeda dengan komunitas UMKM yang diwadahinya melakukan kunjungan ke suatu pabrik ternama.

“Mereka datang tanpa dibayar dan mau belajar. Tetapi, berbeda dengan training pemerintah,” ujarnya.

Yuswohady menjelaskan, konsep komunitas sudah berjalan serta dapat mengembangkan bisnis UMKM itu sendiri. Terlebih, misi komunitasnya untuk membawa UMKM itu menjadi kelas dunia menjelang Asian Community 2015. “Jadi, UMKM yang kami bawa agar memiliki kualifikasi global,” jelasnya.

Ia mengakui, kebanyakan UMKM tidak bertahan lama dalam usahanya selama tiga tahun. Lantaran, mereka itu tidak membangun kepercayaan pada brand perusahaan tersebut. “Seperti misalnya, perusahaan Inaco ketika brand sudah kuat, dapat dipercaya oleh konsumen,” jelasnya.

Kunjungan Komunitas Memberi Indonesia ke pabrik PT Inaco tersebut dalam rangka pembekalan inspirasi. “Kami ingin menggali inspirasi dari perusahaan ini yang segmen pasarnya sudah mendunia,” terangnya.

Pasar dunia yang sudah dicapai Inaco, kata Yuswohady, diantaranya, Amerika Serikat, Canada, Timur Tengah, Jepang, China dan Taiwan. “Untuk itu, kiat dari perusahaan dalam memperkenalkan branding produknya tersebut perlu dicontoh oleh pelaku UMKM,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk mencapai pasar yang mendunia tersebut, hal yang utama adalah UMKM perlu meningkatkan kualitas produknya, sehingga mampu menghadapi persaingan menjelas Asian Community 2015,” pugkasnya.(DHA) /bekasiekspresnews.co.id
Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.