DKI Luncurkan APTB Rute Cikarang-Kalideres

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan rute Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) dengan rute baru, yakni Cikarang-Kalideres. 

Peresmian atas peluncuran 10 unit bus APTB dengan rute baru tersebut dilakukan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di kawasan Tebet, Jakarta Timur.

Menurut dia, saat ini jumlah armada bus APTB yang telah beroperasi mencapai 143 unit. Kedepannya, jumlah armada tersebut akan terus ditambah secara rutin setiap bulan dengan rute yang bervariasi.

"Dengan terus bertambahnya jumlah armada APTB, diharapkan para pengguna kendaraan pribadi akan beralih menggunakan angkutan umum, sehingga bisa mengurangi kemacetan di ibukota," kata Jokowi dalam acara peluncuran rute baru bus APTB di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menuturkan operator APTB rute baru tersebut adalah Mayasari Bakti.

"Selain itu, spesifikasi kendaraan yang digunakan secara umum sama dengan bus yang dipakai oleh bus Transjakarta, yaitu bus besar berkapasitas 85 penumpang, high deck dan berbahan bakar solar," tutur Pristono.

Dia mengungkapkan harga tiket yang diberlakukan untuk APTB itu, yakni Rp5.000 untuk penumpang dari dalam koridor bus Transjakarta dan Rp15.000 untuk penumpang dari Cikarang-Kalideres.

Rute yang ditempuh, yaitu dari Terminal Cikarang-Jalan Fatahillah-Jalan Imam Bonjol-Jalan Teuku Umar-Jalan Arteri Tol Cibitung-Gerbang Tol Cibitung-Tol Cikampek-Gerbang Tol Halim-Cawang-Jalan Letjen MT Haryono-Jalan Gatot Subroto-Jalan S Parman-Jalan Daan Mogot-Terminal Kalideres.

Sejak 2012, sebanyak 133 unit bus APTB telah dioperasikan untuk 12 rute yang tersebar di wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Sebanyak 12 rute tersebut, antara lain Bekasi-Pulogadung, Poris Plawad-Tomang, Ciputat-Kota, Cibinong-Grogol, Bogor-Rawamangun, Bekasi-Tanah Abang, Bekasi-Bundaran HI, Bogor-Blok M, Cileungsi-Blok M, Bogor-Tanah Abang, Bogor-Tanjung Priok dan Tangerang-Pulogadung.

"Rencana selanjutnya, kita masih akan menambah armada-armada bus APTB untuk 15 rute yang berbeda-beda," tambah Pristono.

Dia menyebutkan 15 rute yang dimaksud terdiri dari Blok M-Cikarang, Depok-Senen, Depok-Grogol, Ciledug-Senen, Ciputat-Senen, Bogor-Grogol, Bogor-Senen, Bogor-Cililitan, Senen-Cibinong, Jatinegara-Cibinong, Kampung Rambutan-Depok, Grogol-Depok, Senen-Cimone lewat tol Kebon Jeruk, Blok M-Cimone dan Kampung Rambutan-Jonggol. /seruu.com

Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.