Bandara Halim bakal bikin macet arus dari Bekasi dan MT Haryono


Bandar Udara Halim Perdanakusuma besok akan melayani penerbangan komersial. Kepolisian mengkhawatirkan akan terjadi penumpukan kendaraan saat Bandara Halim Perdanakusuma mulai dioperasikan untuk umum.

Penumpukan terjadi lantaran pengelola Bandara Halim belum mengeluarkan analisis mengenai dampak lingkungan lalu lintas terkait pembukaan bandara tersebut.

"Sampai saat ini pengelola bandara belum melakukan perubahan atau rekayasa lalu lintas di kawasan bandara," ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Sambodo, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/1).

Belum adanya rekayasa lalu lintas yang dibuat, lanjut Sambodo, akan menambah titik kemacetan baru.

Kendati demikian, Kepolisian tetap akan mendukung Bandara Halim Perdanakusuma untuk dikomersilkan. "Untuk meminimalisir kemacetan akan ditempatkan petugas di beberapa titik yang diduga akan menjadi simpul kemacetan," paparnya.

"Kita sudah usulkan rekayasa lalu lintasnya tapi belum dilaksanakan, walaupun begitu kita tetap akan mendukung," tambahnya.

Sambodo berharap dengan adanya rekayasa lalu lintas dapat mengurangi kepadatan di ruas jalan menuju Bandara Halim Perdanakusuma. 

"Akan dilakukan rekayasa lalin seperti memperlebar akses tol Cikampek, membenahi U turn di depan BKKBN yang menyebabkan antrean, menambah dan memundurkan gerbang parkir, penertiban terminal bayangan di kawasan Cawang di mana menjadi salah satu akses menuju bandara dan memperluas parkir," papar Sambodo.

"Kita melihat, permasalahan ini bisa menjadi penyebab kemacetan dan kepadatan di kawasan tersebut," pungkasnya./merdeka.com
Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.