Komunitas Pembudidaya Ikan Hias Kota Bekasi Inginkan Sentra Pamer


Komunitas pembudidaya ikan hias di Kota Bekasi menginginkan didirikannya sebuah sentra yang berfungsi sebagai pusat pamer sekaligus transaksi ikan hias. Ketiadaan sentra itu yang selama ini membuat keunggulan ikan hias Kota Bekasi belum tersosialisasi dengan baik.
"Perihal status Kota Bekasi sebagai eksportir ikan hias terbesar di Indonesia sudah diakui secara nasional. Namun kontras dengan pengakuan di tingkat lokal karena warga Kota Bekasi sendiri banyak yang tak tahu akan potensi yang membanggakan itu," kata Ketua Koperasi Asosiasi Ikan Hias Bekasi Ali Anwar, Senin (6/5/2013).
Lebih lanjut dikatakannya, di Bekasi ada sedikitnya 500 pembudidaya yang dalam sebulan sanggup mengekspor 10 juta ekor ikan hias beragam jenis. Ikan unggulan jenis 'black ghost', botia, neon tetra, dan lain-lain dikirim ke Singapura dan sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah.
Namun meski memenuhi pasar luar negeri, pembudidaya ikan hias Kota Bekasi tetap merasa perlu menyediakan pasar untuk warga lokal.
Asosiasi Ikan Hias Bekasi tak mengingini warganya mendatangkan ikan hias dari luar daerah karena ketidaktahuan bahwa di Kota Bekasi pun pilihannya banyak tersedia.
"Para peminat ikan hias itu banyak yang tak tahu ke mana harus mencari ikan hias yang diinginkan. Dengan adanya sentra, mereka cukup datang ke sana dan mendapatkan banyak pilihan ikan hias yang diinginkan," katanya.
Sebelumnya, sentra ikan hias sudah sempat didirikan di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu. Namun sentra tersebut tak beroperasi sesuai harapan dan akhirnya cenderung sepi.
"Pemilihan lokasinya tak sesuai dengan keinginan kami. Kami inginnya, sentra didirikan di lokasi strategis yang gampang dijangkau warga Kota Bekasi dari berbagai daerah juga peminat asal luar kota," katanya.
Asosiasi Ikan Hias Bekasi tengah mencari lahan seluas 5.000 meter persegi di sekitar pusat Kota Bekasi untuk pendirian sentra tersebut.
Manakala lahan telah tersedia, pendirian sentra ikan hias tersebut akan dibantu realisasinya oleh Pemerintah Kota Bekasi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. /Pikiran Rakyat
Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.