Fly-over Summarecon Bekasi Dibuka untuk Umum


Fly-over Summarecon Bekasi Dibuka untuk Umum















Jalan layang Noer Alie, di Bekasi. ANTARA/Paramayuda


Jalan layang (fly over) yang menghubungkan kawasan selatan dengan utara Kota Bekasi resmi dibuka untuk umum, Sabtu, 13 April 2013. Jalan layang ini diberi nama "Fly over Kyai Haji Noer Ali Summarecon Bekasi".

Peresmian flyover ini dilakukan dengan prosesi gunting pita oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua Umum Real Estate Indonesia Setyo Maharso, serta Komisaris Utama Summarecon Soetjicpto Nagaria.

"Flyover ini memiliki konstruksi cukup canggih," kata Adrinato P Adhi, Executive Director Summarecon Bekasi, Sabtu, 13 April 2013. Sebab, kata dia, jalan layang ini dibangun dengan metode balanced cantilever, atau tanpa tiang penyangga.

Jembatan layang ini memiliki empat jalur, dengan panjang 1 kilometer dan lebar 22 meter. Menurut Adrinato, PT Summarecon sengaja membangun flyover ini untuk melerai kemacetan dan menghubungkan Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan dengan kawasan Kota Summarecon di Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Jembatan ini pun dibangun melintasi jalur kereta api dan menuju Stasiun Besar Bekasi. Adapun pembangunan flyoverpertama kali dimulai pada 10 Maret 2010. Ketika itu bertepatan dengan HUT ke-13 Kota Bekasi, dan dicanangkan dengan pemacangan tiang pertama.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, selain untuk fasilitas umum, jalan layang ini berdampak positif untuk mendorong terciptanya aktivitas bisnis yang tinggi. Sehingga dapat menambah pendapatan asli daerah Kota Bekasi. "Tentu juga menjadi peluang terciptanya lapangan pekerjaan baru," kata dia. / tempo.com
Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.