Beauty of Besqi 2013


Pada hari Minggu (24/02/), Manajemen Bekasi Square, salah satu pusat perbelanjaan di Bekasi yang terletak di samping tol Bekasi Barat, menyelenggarakan lomba foto yang mengambil tajuk “Beauty of Besqi”.  Lomba foto ini merupakan even yang cukup besar yang pernah diselenggarakan untuk ukuran kota kecil seperti Kota Bekasi.  Jadi ingat ketika Blogger Bekasi menyelenggarakan “Amprokan Blogger” pada bulan Maret tahun 2009,
besqi
waktu itu Pa M2 masih menjabat sebagai Walikota, kita pernah menyelenggarakan lomba foto dengan hadiah yang cukup besar,  yaitu Rp. 10 juta. Dilihat dari besaran hadiah, sebenarnya ini merupakan even yang sangat besar untuk kegiatan lomba fotography.
Hadiah yang disiapkan oleh panitia “Beauty of Besqi” pun hampir sama besarannya. Mungkin ini lah yang menarik para peminat fotography menyerbu mall Bekasi Square, sering disingkat Besqi, yang mencapai angka
300-an dan mencari peruntungan hadiah sebesar Rp. 10 juta untuk juara 1. Wal hasil, mall penuh dengan lalu lalang dan polah “aneh” para fotographer, baik yang amatiran maupun yang professional. Setiap peserta menampilkan gayanya masing-masing dalam memotret. Ada yang  berdiri dengan penuh wibawa, tiduran bahkan ada yang nungging. Kesimpulannya, SERU dah !
besqi5Asal peserta juga beragam. Mereka datang dari berbagai kota, terutama Jakarta dan sekitarnya. Bahkan ada beberapa orang datang dari luar kota. Fotographer dari Bekasi sendiri, jelas yang paling banyak. Mereka berasal dari berbagai komunitas, seperti Komunita Bekasi Foto (di mana saya juga menjadi anggotanya) dan Komunitas Foto Nusantara. Bila ada sedulur yang tertarik untuk gabung dengan Komunitas Bekasi Foto, bisa langsung meluncur ke Group Facebook “Bekasi Foto”.
Selain fotographer amatiran, ada juga komunitas yang betul-betul professional seperti PPLF (Paguyuban Pemburu Lomba Foto). Anggota komunitas ini, sebagian besar adalah para fotographer yang sering menjuarai lomba foto, baik tingkat local, nasional bahkan international. Salah seorang kawan dekat saya mengatakan bahwa beberapa orang  memiliki penghasilan yang cukup menggiurkan dari berbagai even lomba foto. Bahkan ada yang berpenghasilan sebesar Rp. 200 jutaan dalam setahun yang dihasilkan dari beberapa lomba. Ini lah yang mungkin dikatakan para motivator, hobi yang menghasilkan.
Sebelum acara lomba dimulai, terlebih dahulu diselenggarakan workshop dengan menampilkan tutor yang sudah malang melintang di dunia fotography, yaitu Darwis Triadi. Para penggiat dan pecinta fotography Indonesia, mungkin juga se dunia, mengenal Darwis sebagai fotographer yang mengkhususkan pada foto model. Konon, di tangan Darwis wanita biasa-biasa saja bisa terlihat menarik dan menutupi kekurangannya dengan mengambil sudut gambar (angle) yang tidak biasa.  Seandainya Om Jay (Upsss….maaf om dijadiin obyek. Kuawalat neh sama senior !) dipotret ama Darwis, saya yakin hasilnya akan seperti  Pierce Brosnan yang bintang 007 itu. Tapi kayaknya kalau ini over estimate deh ! hehehehe. Tapi kurang lebih seperti itu lah karya Darwis.
Membludaknya peserta lomba foto “Beauty of Besqi”, menggambarkan bahwa fotography bukan lagi hobi yang ekslusif. Hampir semua orang memiliki akses yang terbuka lebar terhadap fotography, setidaknya sebagian besar warga negara Indonesia memiliki handphone yang dilengkapi dengan kamera. “Yang membedakan suatu foto itu bagus atau tidak adalah kesan ketika me;lihat foto itu. Apakah bercerita atau tidak ?”, begitu kata Darwis. Saya sendiri sulit untuk menjelaskan lebih lanjut apa yang dimaksud dengan “foto yang bercerita itu”, maklum masih amatiran. Mungkin yang dimaksud adalah seberapa penuh kepala kita diisi oleh imajinasi ketika ketika melihat sebuah karya foto. Kesimpulannya adalah sebuah hasil foto yang baik, tidak dihasilkan semata-mata karena kamera yang mahal, namun yang paling penting adalah moment dan sudut dalam mengambil foto atau sering disebut sebagai angle. Jangan salah tafsir, yang dimaksud bukan Angle Elga yang pernah menjadi istri siri Pa Haji Roma, kandidat kuat Presiden RI 2014 itu.
Kehadiran Darwis Triadi di Bekasi, setidaknya memberikan spirit dan wawasan baru bagi saya. Dengan modal kamera yang pas-pasan saya pun memberanikan diri mengambil beberapa frame yang mudah-mudahan masih bisa dinikmati oleh para sedulur Beblog yang saya cintai. Monggo dilihat-lihat ! sekian dulu terima kasih. Mudah-mudahan ada manfaatnya !
http://bloggerbekasi.com/2013/02/25/beaty-of-besqi.html

stock lama
Stock Lama
Gerobak Pemulung
mau belanja




besqi94besqi93besqi91besqi7besqi6
Share on Google Plus

About Imam Mahmudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.